Selulosa

Selulosa adalah senyawa organik mempunyai rumus (C6H10O5)n, sebuah polisakarida yang terdiri dari rantai linier dari beberapa ratus hingga lebih dari sepuluh ribu ikatan β(1→4) unit D-glukosa.

Selulosa merupakan komponen struktural utama dinding sel dari tanaman hijau, banyak bentuk ganggang dan Oomycetes. Beberapa spesies bakteri mengeluarkan itu untuk membentuk biofilm. Selulosa adalah senyawa organik yang paling umum di Bumi. Sekitar 33% dari semua materi tanaman adalah selulosa (isi selulosa dari kapas adalah 90% dan dari kayu adalah 40-50%). Selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia, hanya dapat dicerna oleh hewan yang memiliki enzim selulase.


Fungsi
Struktur kaku selulosa adalah apa yang memungkinkan tanaman untuk berdiri tegak, dan tanpa kekuatan selulosa, kita tidak akan memiliki kayu, kertas, atau kain katun. Karena kekuatannya, selulosa juga digunakan dalam berbagai produk sintetis seperti karpet, agen penebalan pada sampo dan tabir surya, kosmetik, plastik (seperti pegangan sikat gigi Anda), kain dan lainnya seperti rayon.

Selulosa juga memainkan peran penting dalam makanan Anda. Sebagian besar hewan tidak dapat mencerna selulosa karena sangat terkait erat bersama-sama (kecuali sapi Anda atau rayap, dalam hal ini Anda memiliki mikroorganisme khusus dalam perut Anda untuk memecah ikatan hidrogen yang kuat). Ketika Anda makan selulosa melewati menembus sistem pencernaan Anda tanpa menjadi dirusak, dan ini disebut serat tidak larut. Serat tidak larut sangat penting dalam maknan Anda karena meskipun Anda tidak mendapatkan nutrisi langsung dari selulosa, tapi berkontribusi terhadap kesehatan saluran pencernaan dengan menjaga segala sesuatu yang bergerak.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer