PENDIDIKAN MASA KINI
Pendidikan Masa Kini
Assalamualaikum..nama
saya Adella Maharani dari fakultas teknik jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (ikk) s1 pend. tata busana ,
disini saya akan menjabarkan sedikit tentang
‘Pendidikan
Masa Kini’
Bissmillahirrahmannirahim...
Pendidikan yaitu
suatu proses belajar baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur.
Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(Kemdikbud), dahulu bernama Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
(Depdiknas). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam
tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiah dan
tiga tahun di sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Saat
ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jenjang pendidikanpun ada 4 yaitu:
· Jenjang pendidikan usia dini (playgroup / tk)· Jenjang pendidikan dasar
· Jenjang pendidikan menengah
· Jenjang pendidikan tinggi
Jalur pendidikan bisa ditempuh melalui 3 jalur yaitu :
* Pendidikan formal
* Pendidikan nonformal
* Pendidikan informal
Pendidikan masa kini
?
Kurikulum pada
saat ini mewajibkan bahwa untuk bisa lulus dan mendapatkan ijazah ; setiap
siswa harus berhasil pada lima mata pelajaran pokok dengan nilai minimal 8 pada
masing-masing mata pelajaran. Pada saat
ini banyak murid-murid yang sangat unggul dan luar biasa dimata pelajaran
tertentu. Namun ternyata kurikulumlah yang telah mewajibkan bahwa mereka harus
meraih angka minimal 8 di semua mata pelajaran untuk bisa lulus dan mendapatkan
ijazah.
Dan adapun problematika pada pendidikan masa kini
Sekarang ini banyak kritikan yang dilancarkan terhadap praktek pendidikan,
namun hampir semua pihak sepakat bahwa nasib suatu komunitas atau suatu bangsa
di masa depan sangat bergantung pada kontribusinya pendidikan
karenanya visi pendidikan seharusnya lahir dari kesadaran bahwa kita
sebaiknya jangan menanti apapun dari masa depan, karena sesungguhnya masa depan
itulah mengaharap-harapkan dari kita, kita sendirilah yang seharusnya
menyiapkannya (Joesoef, 2001: 198). Visi ini tentu saja mensyaratkan bahwa,
sebagai institusi, pendidikan harus solid. Idealnya, pendidikan yang solid
adalah pendidikan yang steril dari berbagai permasalahan. Namun hal ini adalah
suatu kemustahilan. Suka atau tidak suka, permasalahan akan selalu ada
dimanapun dan kapanpun, termasuk dalam institusi pendidikan.
Oleh karena itu, adanya persoalan bukan untuk dihindarkan, tetapi harus atau
dapat menghadapi permasalahan itu secara cerdas dengan mengidentifikasi dan
memahami substansinya untuk kemudian dicari solusinya dari permasalahan
tersebut.
Yang dimana
terdapat trend ataupun suatu kemajuan yang sangat pesat pada teknologi internet dan
komputer. Sehingga usaha konvensional perlahan – lahan mulai mengalami pergeseran,
karena dianggap kurang efektif dibandingkan bisnis modern yang memanfaatkan
teknologi internet dan computer.
Dalam era global seperti sekarang ini, mau atau
tidak mau, kitapun harus berhubungan dengan teknologi khususnya teknologi
informasi. Hal ini juga didorong karena teknologi canggih pada saat ini telah mempengaruhi
kehidupan kita sehari-hari atau telah
menjadi suatu kebiasaan (kecaunduan). Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak ‘gagap’
teknologi.
Teknologipun
yang benar benar mendorong adanya suatu penelitian yang menunjukkan bahwa siapa yang terlambat menguasai
informasi, maka keterlambatan itulah yang dapat memperoleh
kesempatan-kesempatan / peluang
menjadi lebih bagus.
Dan yang harus anda ketahui bahwa pentingnya dan
manfaat dari perkembangan Teknologi, Internet dan Pendidikan alangkah baiknya
segera menekuni bidang Webucation sebagai Peluang Bisnis Era Modern ini.
Jadi dari
kurikulum, trend, dan problem pada pendidikan masa kini kita harus siap tanggap
menghadapinya dengan cara tidak memaksakan terhadap anak yang sedang menempuh
pendidikan dengan kurikulum yang diluar batas kemampuan dari siswa, atau
membuat suatu acuan untuk anak lebih aktif dalam proses belajar untuk menggapai
suatu target nilai tertinggi dari kurikulum yang sudah di tetapkan. Pada trend,
guru atau pengajar tetap mengawasi atau mengarahkan anak-anak yang baru
mengenal dunia internet untuk hanya sekedar mencari tahu bahwa penggunaannya
mempunyai batasan-batasannya untuk mengindari hal-hal yang tidak patut dilihat
atau di pelajari. Dari masalah-masalah yang ada agar kedepannya bisa mengolah
suatu masalah tersebut menjadi lebih baik lagi untuk suatu pendidikan.
Saya sangat
berharap sekali pendidikan di Indonesia baik atau dapat menjadi suatu pembelajaran
berharga untuk orang di luar Indonesia, yang bisa membanggakan kecerdasan warga
indonesia diluar Indonesia. Mungkin hanya itu yang dapat saya jabarkan about ‘Pendidikan
Masa Kini’ dan bila ada pembaca mengetahui kekurangan dalam
Essay saya ini. Saya mohon maaf kalau ada katakata saya yang tidak berkenan
ataupun salah dalam pembicaraannya dan saya mengucapkan terimakasih sudah
membaca artikel essay saya ini. Wassalamualaikum wr. Wb.
nice blog kak thx for sharing
BalasHapusbahan kimia pengawet