PENDIDIKAN MASA KINI




Pendidikan Masa Kini

Assalamualaikum..nama saya Adella Maharani dari fakultas teknik jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (ikk) s1 pend. tata busana , disini saya akan menjabarkan sedikit tentang
 ‘Pendidikan Masa Kini’ 

Bissmillahirrahmannirahim...

    Pendidikan yaitu suatu proses belajar baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), dahulu bernama Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Depdiknas). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.



Jenjang pendidikanpun ada 4 yaitu:

            ·        Jenjang pendidikan usia dini (playgroup / tk) 
            ·        Jenjang pendidikan dasar
            ·         Jenjang pendidikan menengah
            ·        Jenjang pendidikan tinggi





 Jalur pendidikan bisa ditempuh  melalui 3 jalur yaitu : 

* Pendidikan formal

* Pendidikan nonformal

* Pendidikan  informal



 Pendidikan masa kini ?
    Kurikulum pada saat ini mewajibkan bahwa untuk bisa lulus dan mendapatkan ijazah ; setiap siswa harus berhasil pada lima mata pelajaran pokok dengan nilai minimal 8 pada masing-masing mata pelajaran.  Pada saat ini banyak murid-murid yang sangat unggul dan luar biasa dimata pelajaran tertentu. Namun ternyata kurikulumlah yang telah mewajibkan bahwa mereka harus meraih angka minimal 8 di semua mata pelajaran untuk bisa lulus dan mendapatkan ijazah.
Dan adapun problematika pada pendidikan masa kini
Sekarang ini banyak kritikan yang dilancarkan terhadap praktek pendidikan, namun hampir semua pihak sepakat bahwa nasib suatu komunitas atau suatu bangsa di masa depan sangat bergantung pada kontribusinya pendidikan
karenanya visi pendidikan seharusnya lahir dari kesadaran bahwa kita sebaiknya jangan menanti apapun dari masa depan, karena sesungguhnya masa depan itulah mengaharap-harapkan dari kita, kita sendirilah yang seharusnya menyiapkannya (Joesoef, 2001: 198). Visi ini tentu saja mensyaratkan bahwa, sebagai institusi, pendidikan harus solid. Idealnya, pendidikan yang solid adalah pendidikan yang steril dari berbagai permasalahan. Namun hal ini adalah suatu kemustahilan. Suka atau tidak suka, permasalahan akan selalu ada dimanapun dan kapanpun, termasuk dalam institusi pendidikan.
Oleh karena itu, adanya persoalan bukan untuk dihindarkan, tetapi harus atau dapat menghadapi permasalahan itu secara cerdas dengan mengidentifikasi dan memahami substansinya untuk kemudian dicari solusinya dari permasalahan tersebut.

                                      
Adapun trend pendidikan masa kini

  Yang dimana terdapat trend ataupun suatu kemajuan yang sangat pesat pada teknologi internet dan komputer. Sehingga usaha konvensional perlahan – lahan mulai mengalami pergeseran, karena dianggap kurang efektif dibandingkan bisnis modern yang memanfaatkan teknologi internet dan computer.
    Dalam era global seperti sekarang ini, mau atau tidak mau, kitapun harus berhubungan dengan teknologi khususnya teknologi informasi. Hal ini juga didorong karena teknologi canggih pada saat ini telah mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari atau telah menjadi suatu kebiasaan (kecaunduan). Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak ‘gagap’ teknologi.
Teknologipun yang benar benar mendorong adanya suatu penelitian yang menunjukkan bahwa siapa yang terlambat menguasai informasi, maka keterlambatan itulah yang dapat memperoleh kesempatan-kesempatan / peluang menjadi lebih bagus.
Dan yang harus anda ketahui bahwa pentingnya dan manfaat dari perkembangan Teknologi, Internet dan Pendidikan alangkah baiknya segera menekuni bidang Webucation sebagai Peluang Bisnis Era Modern ini.
Jadi dari kurikulum, trend, dan problem pada pendidikan masa kini kita harus siap tanggap menghadapinya dengan cara tidak memaksakan terhadap anak yang sedang menempuh pendidikan dengan kurikulum yang diluar batas kemampuan dari siswa, atau membuat suatu acuan untuk anak lebih aktif dalam proses belajar untuk menggapai suatu target nilai tertinggi dari kurikulum yang sudah di tetapkan. Pada trend, guru atau pengajar tetap mengawasi atau mengarahkan anak-anak yang baru mengenal dunia internet untuk hanya sekedar mencari tahu bahwa penggunaannya mempunyai batasan-batasannya untuk mengindari hal-hal yang tidak patut dilihat atau di pelajari. Dari masalah-masalah yang ada agar kedepannya bisa mengolah suatu masalah tersebut menjadi lebih baik lagi untuk suatu pendidikan.
Saya sangat berharap sekali pendidikan di Indonesia baik atau dapat menjadi suatu pembelajaran berharga untuk orang di luar Indonesia, yang bisa membanggakan kecerdasan warga indonesia diluar Indonesia. Mungkin hanya itu yang dapat saya jabarkan about ‘Pendidikan Masa Kini’ dan bila ada pembaca mengetahui kekurangan dalam Essay saya ini. Saya mohon maaf kalau ada katakata saya yang tidak berkenan ataupun salah dalam pembicaraannya dan saya mengucapkan terimakasih sudah membaca artikel essay saya ini. Wassalamualaikum wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer